Polda Siap Mengamankan Dalam Rangka Pilkada Diwilayah Banten

Serang – Dalam kunjungan Kompolnas ke Polda Banten yang dipimpin Ketua TIM Kompolnas Irjen Pol Purn Bekto Suprapto, disambut Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi para pejabat utama (PJU) Polda Banten, para Kapolres yang wilayahnya menyelenggarakan Pilkada, pimpinan Bawaslu dan KPU Provinsi Banten di Mapolda Banten di Serang, Kamis.Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan dalam menghadapi Pilkada di sejumlah daerah di Banten, Polda Banten dan Bawaslu Banten telah melakukan sosialisasi pilkada damai untuk para pasangan calon, membuat deklarasi para pasangan calon bupati/wali kota untuk berikrar siap menang dan siap kalah.

Selain itu, kata Sigit, Polda Banten juga siap memberikan pengamanan dalam rangka pilkada tersebut yang di “back up” oleh dua pertiga kekuatan TNI. Disamping itu Polda Banten juga telah membuat Aplikasi e- Gakumdu dan e- quick account.

“E- Gakumdu adalah salah satu terobosan Polda Banten untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat jika melihat adanya pelanggaran dan untuk menekan adanya kecurangan,” kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sedangkan e Quick account, kata dia, untuk menghitung cepat dalam rangka mengantisipasi jika terjadi kekisruhan dalam penghitungan suara. Namun demikian, semua perhitungan secara resmi mengikuti yang dikeluarkan oleh KPU di masing-masing daerah yang menyelenggarakan Pilkada.

Kapolda Banten mengatakan dalam pelaksanaan pilkada banyak isu-isu yang berkembang, salah satunya adalah adanya isu penyerangan terhadap kiai yang pelakunya diduga mengalami gangguan jiwa dan isu PKI. Namun demikian, kata dia, di Banten semua berjalan aman.

“Baru-baru ini telah ditangkap pelaku penyebar hoax dan pelakunya sudah ditangkap oleh Dit Cyber Mabes Polri. Kedua pelaku masing-masing berasal dari daerah Lebak dan Cilegon,” kata kapolda.

Sementara itu Ketua TIM Kompolnas Irjen Pol Purn Bekto Suprapto menegaskan bahwa Polri harus melaksanakan tupoksinya sesuai dengan Undang-undang dan harus mampu memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat.

Diketahui ada empat daerah di Banten yang akan menyelenggarakan Pilada serentak 2018. Empat daerah tersebut yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. ***(Sat)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*